Wednesday, April 24, 2019

Wisata Wajib di Malang

Menjadi pendatang di kota Malang merupakan sebuah keuntungan sendiri buat saya. Pindah ke Malang 9 tahun lalu tepatnya di tahun 2010, Malang dulu tidak seperti sekarang yang sudah sangat maju. Tapi memang Malang adalah salah satu kota yang penuh dengan hiburan untuk keluarga, suasananya juga tidak setegang Jakarta. Tidak ada yang bikin saya menyesal deh pindah ke Malang kecuali meninggalkan mama papa jadi suka rindu sama mereka.

Menjadi warga Malang juga membuat saya menjadi salah satu sumber informasi buat teman-teman terdekat yang mau liburan ke Malang. Ke wisata apa saja yang harus dikunjungi, tempat menginap mana saja yang rekomen, dan wisata kuliner apa saja yang wajib dikunjungi.

Karena hal-hal tersebut deh saya memutuskan untuk menulis sebuah artikel yang mengulas tuntang tentang wisata wajib di kota Malang beserta daftar akomodasi (hotel/guest house) juga wisata kuliner yang wajib dikunjungi. Ulasan tempat wisata dan wisata kuliner ini yang kids friendly ya, karena saya selalu liburan sama anak-anak dan selalu menghindari tempat-tempat yang terlalu berbahaya untuk anak-anak (contohnya coban-cobanan yang terlalu esktrim tracknya)

Yuk kita mulai saja yuk tanpa berbasa-basi lagi.
Di kota Malang sendiri tidak banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Rata-rata tempat wisata yang bisa dikunjungi berada di pinggiran kota Malang antara lain:

Hawaii Water Park
Perumahan Graha Kencana Raya, Jl. Raya Karanglo, Banjararum, Singosari, Karanglo, Banjararum, Singosari, Malang, Jawa Timur 65126
Jam Buka:
Senin - Jumat 10.00 - 16.00
Sabtu - Minggu 08.00 - 17.00
HTM Weekday @ Rp 75.000 | Weekend @ Rp 100.000
https://hawaiwaterpark.com/

Istana Dieng Swimming Pool
Jl. Istana Dieng Utara I No.22, Bandulan, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146
Jam Buka 08.00 - 17.00
HTM @ Rp 50.000

Menurut saya pribadi 2 tempat wisata air ini yang bisa dikunjungi di kota Malang. Selebihnya banyak wisata yang terletak diluar kota Malang.

Wisata Wajib Kota Batu:
Jawa Timur Park 1 (JATIM PARK 1)
Saya belum pernah secara langsung ke sini, tapi kalau dari hasil liat-liat dari teman-teman yang pernah kesini. Isi dari JATIM Park 1 ini seperti perpaduan Dufan dan TMII


Jawa Timur Park 2 (JATIM PARK 2)


BATU SECRET ZOO


Di lokasi ini terdapat Pohon Inn Hotel, Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park

Pada musim liburan mereka memberlakukan tiket terusan seharga Rp 170.000 untuk bisa masuk ke Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan Eco Green Park. Sedangkan untuk hari biasa tiket bisa dibeli secara terpisah di masing-masing pintu masing (masih di dalam wilayah JATIM Park 2)

Secret Zoo merupakan sebuah tempat wisata selayaknya kebun binatang dengan beragam binatang tapi yang menarik adalah jarak pengunjung dan binatang sangatlah dekat. Kita dapat melihat binatang secara jelas dan bahkan menyentuh beberapa binatang jinak yang memang diperbolehkan.

Eco Green Park di wisata satu ini anak-anak akan belajar tentang green living juga bisa melihat banyak sekali binatang unggas melalui dekat. Berjalan bersama burung-burung terbang. Tempat wisata satu ini adalah favorit saya dan anak-anak.

ECO GREEN PARK



Jawa Timur Park 3 (JATIM PARK 3)
JATIM Park 3 ini adalah wisata terbaru di kota Batu. Di dalam JATIM Park 3 ini terdapat:

Dino Park https://jtp.id/dinopark/ HTM @ Rp 100.000 on weekend or musim liburan
Di dalam Dino Park anak-anak bisa menjelajah dunia dinosaurus dan banyak atraksi permainan di dalamnya.

DINO PARK

Legend Star https://jtp.id/thelegendstar/profil @ Rp 100.000 on weekend  or musim liburan
Di sini disuguhi banyak sekali selfie spots dan teman-teman bisa melihat banyak karya patung lilin seperti di Madame Tussaud.

Infinite World @ Rp 30.000
Ini adalah ruangan-ruangan yang berbentuk labirin penuh kaca yang setiap ruang memiliki tema yang berbeda-beda. Ada yang dihiasi lampu super cantik, juga ada yang dipenuhi hiasan bak di dalam hutan.

Fun Tech Plaza @30.000 / 2 jam
Anak-anak pasti senang di fun tech plaza karena bisa bermain dengan puas dengan berbagai permainan technologi tinggi. Anak-anak juga bisa mewarna lalu hasilnya bisa muncul di layar besar setelah di scan oleh petugas

Museum Musik Dunia @ Rp 50.000
Di museum satu ini pengunjung bisa melihat beragam memorabilia para musisi dunia dan beragam alat musik unik lainnya.


Museum Angkut @ Rp 100.000
Di museum angkut seperti namanya berisikan beragam mobil dan alat transportasi lainnya yang dikenal dari masa ke masa. Lokasi museum angkut yang paling tinggi juga menyajikan pemandangan indah pengunungan kota Batu. Di sini juga banyak sekali selfie spot yang wajib untuk diabadikan.

MUSEUM ANGKUT
Di dalam museum angkut juga terdapat pasar apung yang menyajikan beragam kuliner khas Malang dan wisata belanja oleh-oleh lainnya.

Selain wisata-wisata di atas yang sudah secara pribadi saya kunjungi juga ada wisata Museum Tubuh dan Museum Topeng.

Apabila teman-teman ingin mengunjungi wisata yang bisa selfie bersama alam bisa mengunjungi

Batu Flower Garden yang berlokasi dekat Coban Rais
Oro-Oro Ombo, Kehutanan, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65151



Di lokasi satu ini teman-teman bisa memilih beberapa selfie spot mana yang akan dipilih lalu membayar sesuai selfie spot tersebut. Di sana juga sudah disediakan photographer dengan kamera DSLR dan setelah selesai file akan dikirim ke HP/USB teman-teman.

Ada beberapa selfie spot khusus anak-anak, jadi dijamin aman.

Apabila teman-teman tidak membawa anak-anak bisa coba langsung saja ke wisata coban-coban di kota Batu yang katanya sangat indah. Saya pribadi sih belum pernah karena rempong dot kom kalau bawa anak-anak dan berwisata naik gunung dengan track licin. Duh ga kebayang deh.

Selain wisata dingin-dingin naik gunung di kota Batu, apabila kamu berkunjung ke Malang dan waktu kunjungan kamu lumayan lama wajib  juga mengunjungi pantai-pantai di selatan kota Malang yang juga ga kalah ciamik.

Memang lautnya tidak setenang laut Bali, tapi pemandangannya ga kalah banget loh. Saya pribadi sudah mengunjungi beberapa pantai di selatan Malang ini. Antara lain:

Pantai Kondang Merak
Pantai Kondang Merak terkenal dengan wisata seafoodnya. Makan seafood dipinggir pantai sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Di Pantai Kondang Merak ini juga terdapat muara berwarna hijau emerald yang cantik sekali. Saya pribadi pernah berenang di muara tersebut dan jujur ga habis pikir juga sih, kok berani ya saya. Habis indah banget. Ga kuat kalau ga berenang disana.

Biasa kalau mau ke Pantai Kondang Merak saya akan pesan terlebih dahulu seafood nya jadi begitu sampai langsung makan.

Berikut ini saya share nomor ibu yang jadi tempat langganan saya ya:
Mak Sih Kondang Merak
0852 - 3103 - 2625 (whatsapp available)

Sepanjang Pantai Kondang Merak juga terdapat beberapa pantai lainnya antara lain:

Pantai Banyu Meneng seperti namanya air di pantai ini sangat diam dan tidak terlalu heboh dibanding pantai-pantai lainnya. Apabila mau berenang bersama anak-anak paling mana disini.


Pantai Selok merupakan pantai yang sangat indah, tapi harus berhati-hati karena pantainya yang cukup terjal.

Lalu ditempat lainnya ada juga Pantai Watu Leter, Pantai Goa Cina, atau Pantai Sendang Biru. Jadi Malang memang memiliki banyak sekali wisata pantai. Wajib deh untuk mengunjungi salah satu pantai di Malang.

Wah ternyata sudah panjang sekali ya tulisan ini. Kayanya rekomendasi hotel/guest house dan wisata kulinernya saya buatkan dalam artikel berbeda saja ya teman-teman biar tidak terlalu panjang.

Selamat berlibur semuanya.

No comments:

Post a Comment